4P GO-JEK dan Strategi Promosi Jasa Go-Jek
GO-JEK
adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk
meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia.
Dan merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui
jasa ojek. Perusahaan ini di dirikan
pada tahun 2010 di Jakarta
oleh Nadiem Makarim, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak hampir 10
juta kali di Google Play pada system operasi Android. Saat ini juga ada untuk iOS, di App Store. Kami bermitra dengan sekitar 200.000
pengendara ojek yang berpengalaman dan terpercaya di Indonesia, untuk
menyediakan berbagai macam layanan, termasuk transportasi dan pesan antar
makanan. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, inovasi,
dan dampak sosial. Para Driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka
meningkat semenjak bergabung sebagai mitra, mereka juga mendapatkan santunan
kesehatan dan kecelakaan, serta mendapat akses ke lebih banyak pelanggan
melalui aplikasi kami.
GO-JEK telah resmi beroperasi di 25 kota besar di Indonesia, termasuk
Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Jambi, Padang, Bandar Lampung, Jabodetabek,
Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Gresik, Malang,
Sidoarjo, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar,
Denpasar, Mataram dengan rencana pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun
mendatang.
4P pada
Gojek
PRODUCT :
1.
GO-RIDE merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat
yang dituju.
2.
GO-SEND yang merupakan layanan pengiriman barang
layaknya JNE, akan tetapi waktu pengiriman lebih cepat
tidak membutuhkan waktu yang lama.
3.
GO-BUSWAY
merupakan layanan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway
transjakarta dalam
mencari/melihat halte-halte busway + rute, dan juga solusi pengantar calon
penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.
4.
GO-FOOD adalah salah satu fitur dalam
aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan
antar makanan.
5.
GO-CLEAN merupakan jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan
rumah atau kantor atau yang lainnya.
6.
GO-BOX melayani untuk memesan mobil
pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk antar dan kirim
barang dalam jumlah besar.
7.
GO-GLAM merupakan jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan unutuk melakukan perawatan
kecantikan dan lain sebaginya
8.
GO-MART adalah layanan terbaru dari
GO-JEK, diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel,
dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan puluhan ribu produk,
sehingga akan lebih praktis dan
kemudahan berbelanja.
9.
GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk
memesan tukang pijat.
PRICE
1. Go-Ride (ojek motor)
Khusus untuk wilayah Jakarta, di luar jam sibuk
"rush hour," Rp 1.500 per kilometer dengan tarif minimum Go-Ride
adalah Rp 12.000. Selanjutnya dikenai tarif Rp 1.500 per kilometer. Sedangkan,
tarif pada jam sibuk adalah Rp 2.000 per kilometer dengan tarif minimum
Rp 15.000.
2. Go-Food (layanan antar
makanan)
Untuk restoran yang tak bermitra dengan Go-Jek,
tarif pengantaran menjadi Rp 15.000. Sementara untuk restoran yang menjalin
kerja sama dibebankan tarif pengantaran Rp 5.000.
Strategi Promosi Jasa Go-Jek
Dari paparan penjelasan
diatas kami menetapkan bahwa media promosi kita menggunakan periklanan dan
hubungan masyarakat karena, media komunikasi/promosi jasa ini sesuaidengan
usaha yang kami Jalankan.
A. Penetapan
Periklanan
Penetapan media
periklanan yang kami ambil untuk mengenalkan Go-Jek Indonesia ini adalah
menggunakan media Internet dan juga melalui tradisional markering seperti
publikasi memalui brosur dan juga dari mulut ke mulut, dimana menurut kami
media yang kami pilih ini sesuai dengan produk kami karena produk kami adalah
tergolong produk baru dan juga dalam saluran distribusi diatas kami sudah
menyebutkan bahwa kami menggunakan sistem pesanan (saluran distribusi
langsung). Kalau kita hubungkan dengan landasan teori diatas media periklanan
melalui internet memiliki keunggulan yang menguntungkan usaha baru, dimana
keunggulannya adalah Selektivitas tinggi; biaya rendah; segera; kemampuan
intekratif.
Selain itu kami juga
melakukan E-camers dalam proses penjualan, pembayaran dan juga sekalian dapat
membangun hubungan dengan konsumen. Ini dibuktikan dengan Go-Jek ini
menggunakan aplikasi android dalam hal pemesanan jasanya.
B. Penetapan
Hubungan Masyarakat
Berhubung Go-jek
Indonesia ini adalah tergolong usaha baru di indonesia, kami penetapan promosi
penjualan dengan cara Publisitas Produk Baru melalui Situs Internet (website),
dimana Publisitas adalah suatu instrumen dalam memperkenalkan produk atau jasa
baru dan juga situs internet sebagai alat humas merupakan suatu fenomena yang
relative baru dalam bidang pemasaran. Dimana banyak pemasar awalnya menggunakan
situs mereka sebagai cara utnuk mengiklankan produk dan jasa mereka, para
professional humas saat ini
merasa bahwa situs ini
merupakan alat yang baik untuk menyampaikan pesan berita atas suatu produk,
meningkatkan produk, hubungan strategis, dan penghasilan keuangan.
TOKOH NASIONAL BISNIS ADVISER
Billy Boen adalah entrepreneur
muda asal Indonesia. Billy lahir di Jakarta tanggal 13 Agustus
1978. Pada usia yang relatif muda, Billy (panggilan Billy Boen) telah
menjadi pimpinan di beberapa perusahaan. Pada 2005, ketika usianya baru 26
tahun, Billy dinobatkan menjadi General Manager PT Oakley Indonesia.
Alasan :
Billy Boen
menyelesaikan pendidikan S-1 bidang manajemen dari Utah State University (USU),
Amerika Serikat, hanya dalam waktu 2 tahun 8 bulan, mulai 1996 hingga 1999.
Dalam periode itu juga, Billy menjadi presiden PERMIAS (Persatuan Mahasiswa
Indonesia di Amerika Serikat) di kampusnya. Ia juga bergabung dengan persatuan
mahasiswa di USU yang bernama Sigma Chi. Billy meneruskan studinya ke State
University of West Georgia untuk gelar MBA. Studi S-2 ini ia tempuh dalam tempo
setahun dengan predikat kelulusan cum laude, di usia 22 tahun. Seusai lulus, ia
memutuskan untuk pulang kembali ke Indonesia.
REFERENSI :
No comments:
Post a Comment